RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Fisika
Peminatan : M-IPA
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan
kalor pada kehidupan sehari-hari
4.8 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik
termal suatu bahan, terutama kapasitas
dan konduktivitas kalor
Indikator
1.
Membedakan mana benda yang menerima kalor dan
benda yang melepas kalor
2.
Merumuskan asas Black untuk memecahkan
masalah
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan mana benda yang menerima kalor dan benda yang
melepas kalor melalui
proses mengamati
dengan bertanggungjawab.
2. Siswa dapat merumuskan asas Black untuk memecahkan masalah melalui diskusi
dengan kritis
3. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kalor melalui diskusi dengan santun
4. Siswa dapat Memecahkan masalah menggunakan asa Black melalui proses mencoba dengan cermat
Materi
Ajar
Kalor (Q) adalah energi yang berpindah dari satu benda ke benda lain
karena adanya perbedaan suhu antara kedua benda. Satuan kalor adalah joule.
Q = m c ∆T (1)
dengan :
Q = kalor yang diserap atau dilepas (J)
m = massa benda (kg)
c = kalor jenis zat ( J/ kg K)
∆T = perubahan suhu (K)
a.
Kalor Jenis Zat (c) adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk
menaikkan atau melepaskan suhu tiapsatu kilogram massa suatu zat sebesar 1°C
atau 1K. Secara matematis dapat dituliskan:
c = Q/m ∆T (2)
Besarnya kalor jenis beberapa zat dapat Anda lihat pada Tabel 1 berikut.
Kalor jenis suatu
zat menunjukkan karakteristik suatu zat. Suatu zat memiliki kalor jenis yang
berbeda dengan zat lainnya. Zat yang kalor jenisnya tinggi mampu menyerap lebih
banyak kalor untuk kenaikkan suhu yang rendah. Semakin besar kalor jenis suatu
zat, semakin banyak kalor yang diserap atau dilepaskan, jika massa dan
perubahan suhunya tetap.
b.
Kapasitas Kalor (C) adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan
suhu sebesar 1°C atau 1K. Secara matematis kapasitas kalor dapat dituliskan:
C = Q/∆T (2)
dengan:
C = kapasitas kalor zat
(J/K)
c = kalor jenis zat (J/ kg
K)
Q = kalor (J)
m = massa benda (kg)
∆T = perubahan suhu (K)
c. Asas Black menyatakan bahwa
jika dua benda yang berbeda suhunya dicampur maka benda yang suhunya lebih
tinggi akan melepas kalor yang jumlahnya sama dengan kalor yang diserap oleh
benda yang suhunya lebih rendah. Secara matematis, asas Black ditulis:
Qlepas= Qterima (3)
dengan:
Qlepas = kalor
yang dilepas (J)
Qterima
= kalor yang diterima (J)
Prinsip kekekalan
energi pada pertukaran kalor, seperti
yang ditunjukkan pada persamaan (3), pertama kali diukur oleh Joseph Black
(1728-1799), seorang ilmuan Inggris. Oleh karena itu, persamaan (3) dikenal
sebagai asas Black.
Metode
·
Demonstrasi
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
·
ceramah
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat : gelas, air panas, air dingin, termometer
·
Media : LCD
projector
·
Bahan ajar : buku
fisika jilid 2, Buku Fisika Penunjang Aktifitas Siswa
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
v Pertemuan Pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti
pelajaran
·
Guru menunjuk seorang siswa untuk memimpin doa sebelum
pembelajaran dimulai
·
Guru
memberikan apersepsi:
Guru menyuruh semua siswa untuk memegang batang
besi, kayu, anggota badan, dan benda-benda yang ada disekitarnya. Apakah yang
kalian rasakan? Mengapa berbeda-beda? Apakah suhu benda iu berbeda-beda?
·
Mereviu materi yang sudah disampaikan pada minggu
sebelumnya.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Bertanya
dan menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang tekanan
zat cair
melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)
|
1 menit
2 menit
1 menit
2 menit
|
Kegiatan Inti
·
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 siswa
·
Guru membagikan LDS kepada masing-masing kelompok.
·
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk membaca
petunjuk dalam LKS
·
Guru mengecek pemahaman siswa tentang petunjuk
diskusi
· Siswa mencermati video
yang ditampilkan guru.
·
Guru
mengarahkan siswa untuk berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada dalam LDS
·
Guru
mengarahkan masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok di depan kelas.
·
Guru
membantu siswa menganalisis dan mengevaluasi proses berpikirnya sendiri
maupun keterampilan investigatif dan keterampilan intelektual yang mereka
gunakan.
·
Guru
mengarahkan siswa untuk menyimpulkan konsep yang telah dipelajari.
|
1 menit
2 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
·
Guru bersama siswa menyimpulkan perumusan asas Black
·
Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi
perpindahan kalor
·
Guru memberi penghargaan pada siswa yang dapat
menyimpulkan hasil diskusi
·
Guru menutup pembelajaran dengan memberikan motivasi
yang positif dan berdoa.
|
1 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme
dan prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui
tes tertulis.
2.
Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam
kelompok, kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen.
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
Sumber/Referensi
Buku Pegangan
Kurikulum 2013
Fisika
Kelas X
Semarang,
24 Desember 2013
Mengetahui
Kepala SMA .... Guru
Mata Pelajaran IPA
MALIASIH
.................................. ............................................
NIP. NIP.
4201411101
No comments:
Post a Comment