Sebelum mengajar di kelas, seorang guru hendaknya menyusun Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran di kelas nantinya sudah tersusun dengan baik. RPP juga sangat berguna jika sewaktu-waktu guru berhalangan mengajar. RPP yang sudah dibuat dapat dijadikan acuan guru lain yang menggantikan mengajar. Dengan adanya RPP guru pengganti dengan mudah dapat memahami apa yang seharusnya dia sampaian kepada siswa dengan metode yang sudah dicantumkan dalam RPP. RPP hendaknya berisi rancangan pembelajaran secara detail baik alokasi waktu, indikator, tujuan, metode, tahapan pembelajaran, dll.
Berikut contoh RPP IPA Terpadu
A. Sumber
Pencemaran Tanah
1. Limbah domestik
2. Limbah pertanian
3. Limbah industri
C.
Pencegahan dan
Penanganan Pencemaran Tanah
1.
Remediasi
a. Penggunaan pestisida
b. Pengendalian dengan herbisida
c. Pengendalian secara biologis
d. Penyemprotan dengan insektisida
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : IPA
A.
Standar
Kompetensi :
3. Memahami proses yang
terjadi di lapisan lithosfer
B.
Kompetensi
Dasar
3.8. Menjelaskan proses pencemaran tanah
di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
C.
Indikator
1.
Siswa memahami definisi pencemaran tanah.
2.
Siswa mengetahui
penyebab pencemaran tanah.
3.
Siswa mampu menjelaskan
pengaruh pencemaran tanah kaitanya dengan aktivitas manusia.
4.
Siswa mengetahui cara pencegahan pencemaran tanah.
5.
Siswa mampu menjelaskan cara penanggulangan pencemaran
tanah.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
bimbingan guru siswa memahami definisi pencemaran tanah.
2. Dengan studi
pustaka secara mandiri siswa mengetahui penyebab pencemaran tanah.
3. Dengan
diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan pengaruh pencemaran tanah kaitanya
dengan aktivitas manusia.
4. Dengan
diskusi kelompok siswa mengetahui cara pencegahan pencemaran tanah.
5. Dengan
diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan cara penanggulangan pencemaran tanah.
E.
Materi Ajar
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia
buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini
biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas
komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam
lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau
limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang
langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).
A. Sumber
Pencemaran Tanah
1. Limbah domestik
2. Limbah pertanian
3. Limbah industri
Menurut bahan pencemarnya, pencemaran dibedakan
menjadi berikut ini.
1. Pencemaran
fisik,
2. Pencemaran
kimia
3. Pencemaran
biologi
B. Dampak Pada
kesehatan
Dampak pencemaran tanah terhadap
kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan
kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan
herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat
berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta
kerusakan ginjal pada seluruh populasi.
C.
Pencegahan dan
Penanganan Pencemaran Tanah
a. Langkah pencegahan
Pada
umumnya pencegahan ini pada prinsipnya adalah berusaha untuk tidak menyebabkan
terjadinya pencemaran, misalnya mencegah/mengurangi terjadinya bahan pencemar,
antara lain:
1) Pengolahan
terhadap limbah industri yang mengandung logam berat yang akan mencemari tanah,
sebelum dibuang ke sungai atau ke tempat pembuangan agar dilakukan proses
pemurnian.
2) Sampah
zat radioaktif sebelum dibuang, disimpan dahulu pada sumursumur atau tangki
dalam jangka waktu yang cukup lama sampai tidak berbahaya, baru dibuang ke
tempat yang jauh dari pemukiman, misal pulau karang, yang tidak berpenghuni
atau ke dasar lautan yang sangat dalam.
3) Penggunaan
pupuk, pestisida tidak digunakan secara sembarangan namun sesuai dengan aturan
dan tidak sampai berlebihan.
4) Usahakan
membuang dan memakai detergen berupa senyawa organik yang dapat
dimusnahkan/diuraikan oleh mikroorganisme.
b. Langkah penanggulangan
1.
Remediasi
Remediasi adalah kegiatan untuk
membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
2. Bioremediasi
Bioremediasi adalah proses
pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme
(jamur, bakteri).
F.
Alokasi
Waktu
2 jam
pelajaran
G.
Metode Pembelajaran
1. Model:
Direct intruction
Diskusi Kelompok
2. Metode :
Ceramah
Studi pustaka
H. Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru mengecek kehadiran siswa
menggunakan daftar kehadiran siswa.
·
Guru memusatkan perhatian dan motivasi
belajar pserta didik dengan memberikan apersepsi awal kepada siswa untuk
membangun konsep dasar siswa mengenai pencemaran tanah dan pengaruhnya terhadap kesehatan
manusia
melalui pertanyaan:
1) Masih
ingatkah kalian yang dimaksud dengan lingkungan ?
2) Bagaimanakah
dengan keadaan lingkungan di sekolah atau di sekitar tempat tinggalmu.
3) Bagaimana dengan kesuburan tanah di sekitar tempat tinggal kalian?
·
Guru membimbing siswa dengan penuh tanggung jawab dan kesabaran untuk
menguasai konsep awal yang berkaitan dengan materi pencemaran tanah dan pengaruhnya terhadap
kesehatan manusia.
·
Guru menyampaikan garis besar tujuan
pembelajaran pada hari tersebut.
b. Kegiatan
Inti
1) Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Melibatkan peserta didik dengan bertanggung jawab dalam mencari informasi tentang pencemaran tanah serta pengaruhnya terhadap kesehatan
manusia.
·
Dengan
model tanya jawab, guru menggali pengetahuan awal siswa tentang definisi
pencemaran tanah dan penyebab pencemaran tanah.
·
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antara peserta didik dengan guru secara bertanggung jawab.
·
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
2) Elaborasi
·
Guru
menyampaikan informasi secara bertanggung
jawab tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa dalam kelompok
(mengamati gambar pencemaran tanah)
·
Membagi
siswa dalam kelompok (3-4 siswa/kelompok) secara objektif dan random.
·
Guru
mendistribusikan gambar
kepada kelompok secara adil
dan teliti.
·
Guru
membimbing kelompok secara bertanggung
jawab dalam melakukan pengamatan terhadap gambar fenomena pencemaran
tanah.
·
Siswa
mengidentifikasikan penyebab, dampak, pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah yang terlihat pada ketiga
gambar.
·
Guru
mengamati secara teliti
proses diskusi yang dilakukan masing-masing kelompok terhadap ketiga fenomena
gambar pencemaran tanah.
·
Guru
secara bertanggung jawab membimbing
setiap kelompok dalam mengisi LDS yang disediakan
3) Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
·
Guru bersama peserta didik secara interaktif bertanya jawab
mengenai hasil pengamatan dan
diskusi terhadap ketiga gambar fenomena pencemaran tanah.
c. Kegiatan
Penutup (10 menit)
Dalam
kegiatan penutup, guru:
· Melakukan
penilaian secara teliti
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
· Guru memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh
guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah
berupa artikel
untuk menanggulangi pencemaran lingkungan.
.
E. Sumber
Belajar
1. Buku
Biologi untuk SMP kelas 7
2. Buku-buku
referensi yang relefan
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilain:
Tes tertulis, penugasan.
2. Bentuk
instrument : tes isian, tes pilihan ganda, tugas rumah, LDS
3. Kisi-kisi
4. Instrumen:
4. Instrumen:
a) Soal pilihan
ganda.
1)
Pencemaran
tanah banyak diakibatkan oleh sampah organik dan anorganik. Salah satu penyebab
pencemaran tanah tersebut adalah....
a. Anorganik yaitu daun, plastik dan besi
b. Anorganik yaitu kaca, kertas dan besi
c. Organik yaitu daun, kaca dan sisa makanan
d. Organik yaitu kaca, kertas dan besi
a. Anorganik yaitu daun, plastik dan besi
b. Anorganik yaitu kaca, kertas dan besi
c. Organik yaitu daun, kaca dan sisa makanan
d. Organik yaitu kaca, kertas dan besi
Kunci: b
(skor: 1)
2) Limbah rumah tangga seperti air detergen dan air tinja merupakan
contoh limbah….
a. Limbah
cair domestic c. limbah hujan
b. Limbah
cair industry d.
limbah
berbahaya
Kunci: a
(skor: 1)
3) Limbah domestic, limbah industry, limbah pertanian, dan limbah pertambangan
merupakan pengelompokkan limbah berdasarkan…
a. Jenis
senyawa c. wujud
b. Sumber d.
limbah B3
Kunci: b
(skor: 1)
4) Penanggulangan yang dapat dilakukan
untuk mencegah pencemaran tanah diantaranya, kecuali....
a. Menanggulangi sampah plastik
b. Sistem tanam monokultur
c. Mengelola sisa radioaktif
d. Pemakaian pupuk sesuai kebutuhan
a. Menanggulangi sampah plastik
b. Sistem tanam monokultur
c. Mengelola sisa radioaktif
d. Pemakaian pupuk sesuai kebutuhan
Kunci: b
(skor: 1)
5) Penggunaan pupuk yang terus-menerus akan
mengakibatkan...
a.
Tanah menjadi lebih subur
b.
Berkurangnya hara tanah
c.
Menurunnya hama penyakit
d.
pH tanah meningkat
Kunci: b
(skor: 1)
6) Penggunaan pupuk yang terus-menerus akan
mengakibatkan...
a.
Tanah menjadi lebih subur
b.
Berkurangnya hara tanah
c.
Menurunnya hama penyakit
d.
pH tanah meningkat
Kunci: b
(skor: 1)
7) Komponen berikut dapat dijadikan indikator bagi polusi tanah, kecuali….
a. Cacing
tanah
b. Salinitas
c. Kandungan
fosfor
d. Bakteri
koliform
Kunci: d
(skor: 1)
8)
Logam berat merupakan contoh limbah yang
banyak dihasilkan oleh aktivitas….
a. Rumah
tangga c.
industri
b. Pertanian d.
perkebunan
Kunci: c
(skor: 1)
9)
Berikut
adalah dampak negatif akibat manusia membuang limbah padat sembarangan, kecuali....
a. Mengurangi keindahan
lingkungan
b. Dapat menurunkan
kualitas tanah
c. Berkembangnya
berbagai jenis penyakit
d. Kesuburan tanah
meningkat
Kunci: d
(skor: 1)
10) Salah satu upaya dalam pengendalian hama
yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah...
a. Penggunaan pestisida
b. Pengendalian dengan herbisida
c. Pengendalian secara biologis
d. Penyemprotan dengan insektisida
b) Soal Uraian
1. Jelaskan yang di maksud dengan pencemaran tanah!
Kunci:
Pengertian
|
Skor
|
Pencemaran
tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah
lingkungan tanah alami.
|
2
|
2. Sebutkan 3
macam pencemaran tanah berdaarkan bahan pencemar!
Kunci:
Macam Pencemaran
|
Skor
|
1.
Pencemaran kimiawi
2.
Pencemaran fisik
3.
Pencemaran biologis
|
1
1
1
|
Jumlah
|
3
|
3. Sebutkan 3 langkah
pencegahan pencemaran tanah
Kunci:
Macam
Pencemaran
|
Skor
|
1.
Penggunaan pupuk, pestisida tidak
digunakan secara sembarangan namun sesuai dengan aturan dan tidak sampai
berlebihan.
2.
Usahakan membuang dan memakai
detergen berupa senyawa organik yang dapat dimusnahkan/diuraikan oleh
mikroorganisme.
3.
Pengolahan terhadap limbah
industri yang mengandung logam berat yang akan mencemari tanah, sebelum
dibuang ke sungai atau ke tempat pembuangan agar dilakukan proses pemurnian
|
1
1
1
|
Jumlah
|
3
|
4. Apa yang
dimaksud dengan remediasi dan apa saja jenisnya!
Kunci:
Akibat Pencemaran
|
Skor
|
Remediasi adalah
kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
Ada dua jenis
remediasi tanah, yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Pembersihan ini
lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan
bioremediasi.
|
2
1
1
|
Jumlah
|
4
|
5. Jelaskan
akibat pencemaran tanah !
Kunci:
Akibat
Pencemaran Tanah
|
Skor
|
Kehidupan
mikroorganisme tanah terganggu
Sifat
fisik dan kimiawi tanah berubah sehingga menyebabkan penurunan kesuburan
tanah
Keseimbangan
ekologis dalam ekosistem terganggu
|
1
1
1
|
Jumlah
|
3
|
c) Tugas Rumah
Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi
pencemaran tanah. Silahkan memilih topiknya.
Rubrik Tugas
Rumah
No
|
Aspek
|
Skor
|
1
2
3
|
Kesusuaian isi denag judul
Kerapian tulisan dan bahasa
Isi artikel
|
1
1
3
|
Jumlah
|
5
|
Semarang,.....Desember 2013
Mengetahui
Kepala SMA .... Guru
Mata Pelajaran Fisika
.................................. ..................................
NIP.
NIP.
Catatan
Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment