RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Peminatan : M-IPA
Alokasi
Waktu : 4 x 4 JP
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.8 Memahami teori kinetik gas dalam
menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup
Indikator
·
Membedakan ciri-ciri gas ideal dan gas real
·
Memformulasikan hukum Boyle-Gay Lusac
·
Memformulasikan hubungan besaran-besaran dalam persamaan gas
·
Menggunakan persamaan umum gas PV = n.R.T dan P.V = N k T
·
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas
·
Menjelaskan teori ekipartisi energi
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat membedakan
ciri-ciri gas ideal dan gas real melalui
proses menanya dengan santun.
·
Siswa dapat memformulasikan
hukum Boyle-Gay Lusac melalui
diskusi dengan bertanggun jawab
·
Siswa dapat memformulasikan
hubungan besaran-besaran dalam persamaan gas melalui praktikum dengan terbuka
·
Siswa dapat menggunakan
persamaan umum gas PV = n.R.T dan P.V = N k T melalui
mencoba
dengan teliti
·
Siswa dapat menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas melalui diskusi dengan kritis
·
Siswa dapat menjelaskan teori
ekipartisi energi melalui
proses menanya dengan santun
Materi
Ajar
·
Ciri-ciri gas ideal
1.
Terdiri dari pertikel yang sangat kecil sehingga ukurannya diabaikan
2.
Selalu bergerak dengan peluang sama kesegala arah
3.
Terdistribusi merata dalam ruang
·
Hukum Boyle-Gay Lussac P1
. V1 / T1 = P2 . V2 / T2
·
Persamaan Keadaan Gas P.V = n.R.Tdan P.V =
N.k.T
·
Tekanan gas berdasarkan teori kinetic
1. Tekanan timbul karena
gas selalu menumbuk dinding, jika tumbukan sering atau impuls besar maka
tekanan gas besar
2.
Jika gas dipanaskan akan menambah energi kinetik partikel gas. Akibatnya
kecepatan gas naik, makin kuat menumbuk dinding atau gas makin sering menumbuk
dinding. Tekanan gas akan
meningkat
3. Jika volume
diperkecil, jarak tempuh gas memendek, makin sering menumbuk dinding, tekanan
gas meningkat
4. Jika gas ditambah,
partikel semakin banyak, makin banyak terja ditumbukan, tekanan gas meningkat
·
Pada gas ideal berlaku persamaan
·
Gas ideal berlakupada gas monoatomik dan gas diatomik pada suhu rendah
·
Khusus gas diatomic berlaku
Ø Suhu rendah (T sekitar 300K)
U = 3/2 N k T
Ø Suhu sedang (T sekitar 500 K
U = 5/2 N k T
Ø Suhu tinggi (T sekitar 100 K)
U = 7/2 N k T
·
Teori ekipartisi energy menjelaskan derajat
kebebasan dan kontribusi energy kitetik terhadap energy dalam (total energy
kinetic)
o Gas mono atomic dan diatomic suhu rendah hanya mengelamai gerak
translasi pada berbagai keadaan suhu, sehingga derajat kebebasan 3
o Gas diatomik suhu sedang mengalami gerak translasi dan rotasi yang
menyumbang 5 derajat kebebasan
o Gas diatomik suhu tinggi mengalami gerak translasi, rotasi, dan
vibrasi yang menyumbang 7 derajat kebebasan
Metode
·
Dikusi kelompok
·
Praktikum
·
Presentasi
·
ceramah
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat :
spidol, gelas, piring, lilin, air, pewarna makanan, korek
·
Media : LCD
projector, Animasi gerak partikel
·
Bahan ajar : buku
fisika jilid 2, Buku Fisika Penunjang Aktifitas Siswa
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
v Pertemuan Pertama
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat membedakan
ciri-ciri gas ideal dan gas real melalui
proses menanya dengan santun.
Setelah mereviu hasil pencapaian
kompetensi (KD) sebelumnya, siswa mendapat tugas rumah untuk
mencari ciri-ciri gas ideal dan gas
real dari berbagai sumber.
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Bertanya
dan menagih secara lisan tugas mencari informasi tentang ciri-ciri gas ideal
melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
·
Menunjuk
seorang siswa untuk membacakan dan menjelaskan salah satu ciri gas ideal dan gas real
·
Siswa
lain menanggapi jawaban yang telah dibacakan oleh temannya
·
Guru memberikan kesempatan bagi siswa lain yang
ingin mejelaskan salah satu ciri gas ideal dan gas real. Begitu seterusnya
samapai semua ciri-ciri gas ideal disebutkan
·
Guru menanggapi hasil pekerjaan siswa untuk memberi
penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi miskonsepsi
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri gas ideal.
·
Memberikan tugas baca hukum-hukum tentang gas
|
20 menit
|
v Pertemuan Kedua
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat memformulasikan
hukum Boyle-Gay Lusac melalui
diskusi dengan bertanggun jawab
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menagih
dan mengingatkan tugas baca hukum-hukum tentang gas
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dalam
kelompok
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
·
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 siswa
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi hukum-hukum tentang gas, kemudian menyimpulkan dalam
bentuk matematis dan grafik. Perwakilan kelompok menuliskan hasil
diskusi pada lembar diskusi siswa yang telah disediakan
·
Setiap
kelompok, secara bergantian
mempresentasikan
satu hukum gas berdasarkan hasil
diskusi
·
Siswa
lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
·
Guru
menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau
mengklarifikasi miskonsepsi
·
Masing-masing
kelompok diberikan tiga
masalah yang dapat diselesaikan dengan hukum Boyle-Gay Lusac
·
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah dan menuliskan jawaban pada lembar diskusi yang
telah disediakan
|
55 menit
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hukum-hukum tentang gas
·
Memberikan tugas rumah tiga soal yang
berkaitan dengan hukum Boyle-Gay
Lussac
|
15 menit
|
v Pertemuan Ketiga
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat memformulasikan
hubungan besaran-besaran dalam persamaan gas melalui
praktikum dengan terbuka
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menagih
dan mengingatkan tugas rumah mengerjakan tiga soal
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan Peserta didik dalam kelompok
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja praktik
yang perlu dikonfirmasi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
·
Guru memberikan Lembar Kerja Siswa kepada setiap
kelompok yang sudah dibentuk pada pertemuan sebelumnya.
·
Siswa
bekerja dalam kelompok sesuai langkah kerja dalam lembar kerja
·
Kelompok
mendiskusikan jawaban pertanyaan serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
·
Dua
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
·
Guru
menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau
mengklarifikasi miskonsepsi
·
Setiap
siswa menyiapkan laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan
berdasarkan hasil diskusi
·
Siswa
menyerahkan laporan praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya
dikumpulkan seminggu kemudian.
|
55 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan kembali hasil praktik dan
mengingatkan pentingnya kecermatan, dan kejujuran dalam memperoleh,
menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama,
kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
·
Memberikan tugas baca materi persamaan umum
gas PV = n.R.T dan P.V = N k T
|
15 menit
|
v Pertemuan Keempat
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menggunakan
persamaan umum gas PV = n.R.T dan P.V = N k T melalui
mencoba
dengan teliti
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan
bentuk persamaan umum gas P.V = n.R.T dan P.V = N.k.T
·
Siswa dengan cermat
memperhatikan penjelasan guru
·
Membahas dua contoh soal penerapan persamaan umum
gas P.V = n.R.T dan P.V = N.k.T
·
Memberikan dua soal
penerapan persamaan umum gas P.V = n.R.T dan P.V = N.k.T dan meminta siswa langsung mengerjakan di papan tulis, siswa lain
mengerjakan di buku masing-masing
·
Guru meminta pendapat
siswa lain tentang jawaban yang ada di papan tulis
·
Guru menanggapi jawaban
yang ada di papan tulis dan member penguatan pemahaman
|
60 menit
|
Penutup
·
Memberikan apresiasi kepada dua orang siswa yang berani tampil ke depan
·
Memberikan tugas rumah menjawab
tiga soal penerapan persamaan umum gas P.V = n.R.T dan P.V = N.k.T
|
15 menit
|
v Pertemuan Kelima
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan Peserta didik dalam kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
·
Guru memberikan Lembar Diskusi Siswa kepada setiap
kelompok yang sudah dibentuk pada pertemuan sebelumnya.
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi mendalami fenomena gelembung gas yang keluar dari
kedalaman tertentu, misalnya dari hasil buang pernapasan seorang penyelam
·
Perwakilan kelompok menuliskan hasil diskusi pada
lembar diskusi siswa yang telah disediakan
·
Setiap
kelompok, secara bergantian
mempresentasikan hasil
diskusi
·
Siswa
lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
·
Guru
menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau
mengklarifikasi miskonsepsi
|
60 menit
|
Penutup
·
Memberikan apresiasi kepada kelompok diskusi yang kompak dan jawaban terbaik
·
Memberikan tugas rumah menjawab
tiga soal penerapan persamaan umum gas P.V = n.R.T dan P.V = N.k.T
|
15 menit
|
v Pertemuan Keenam
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas melalui diskusi dengan santun
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menagih tugas PR
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
·
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 siswa
·
Guru menayangkan
animasi gerak partikel yang terkurung dalam ruang tertutup
·
Masing-masing
kelompok mendiskusikan
·
Siswa dalam kelompok mendiskusikan
faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetic gas dan konsep
tekanan dan hubungannya dengan peristiwa tumbukan. Perwakilan kelompok menuliskan hasil diskusi pada Lembar Diskusi
Siswa yang telah disediakan
·
Setiap kelompok maju mempresentasikan hasil diskusi
·
Siswa
lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
·
Guru
menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau
mengklarifikasi miskonsepsi
·
Membahas dua
contoh soal pengembangan
|
55 menit
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan factor-faktor yang
mempengaruhi energi kinetik
·
Memberikan
apresiasi pada kelompok diskusi terbaik
|
15 menit
|
v Pertemuan Ketujuh
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menjelaskan teori
ekipartisi energi melalui
proses menanya dengan penuh tanggung jawab
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan materi teori ekipartisi energy
·
Siswa bertanya dengan kritis bagian materi yang belum dipahami
·
Membahas dua contoh soal penerapan teori ekipartisi energi
·
Guru meberikan tiga soal
dan meminta siswa langsung mengerjakan di papan tulis, siswa lain mengerjakan
di buku masing-masing
·
Guru meminta pendapat
siswa lain tentang jawaban yang ada di papan tulis
·
Guru menanggapi jawaban
yang ada di papan tulis dan member penguatan pemahaman
|
55 menit
|
Penutup
·
Memberikan tugas latihan ulangan
·
Guru mengingatkan ulangan harian pada pertemuan
selanjutnya mencakup semua materi teori kinetik gas
|
20 menit
|
v Pertemuan Kedelapan
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyiapkan kondisi siswa untuk ulangan harian
·
Mengingatkan siswa untuk berperilaku jujur dan
sportif dalam menjawab soal ulangan harian
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
· Membagikan
soal ulangan harian
·
Siswa melaksanakan tes tertulis ulangan harian secara
individu dan jujur
|
90 menit
|
Penutup
·
Guru memberikan garis besar beberapa jawaban pada soal
ulangan hari ini.
·
Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya tentang
termodinamika
|
5 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme
dan prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui
tes tertulis.
2.
Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam
kelompok, kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen.
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.
Contoh
Instrumen (Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku
Pegangan Kurikulum 2013
Fisika
Jilid 2
Semarang, 24 Desember 2013
Mengetahui
Kepala SMA .... Guru
Mata PelajaranFisika
MALIASIH
.................................. ............................................
NIP.
NIP. 4201411101
Catatan
Kepala Sekolah
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
min lengkapi dg sama instrumen or tambahkan percobaan
ReplyDeleteLKS, LDS, intrumen penilaian sudah ada. Buka artikel selanjutnya dalam blog ini.
ReplyDeleteMakasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
ReplyDeleteJangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Pegadaian (Persero)
iya sama-sama.. :)
ReplyDelete