Tuesday 8 April 2014

RPP Tekanan Zat Cair Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran  : Fisika
Kelas/Semester : VIII / Satu
Alokasi Waktu  : 4 x 3 JP

Kompetensi Inti

KI 1      :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2       :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3       :
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4       :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar

4.8. Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (transport cairan pada batang tumbuhan), dan tekanan cairan pada ruang tertutup

Indikator

·         Mendeskripsikan hukum Pascal
·         Memformulasikan hukum Hidrostatis 
·         Menjelaskan penerapan hukum Pascal dan hokum hidrostatik dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan
Siswa dapat:
·         Menyebutkan sifat tekanan dalam zat cair melalui percobaan sederhana dengan bertanggungjawab
·         Mendeskripsikan bunyi hukum Pascal melalui diskusi dengan teliti
·         Memformulasikan hukum Hidrostatik melalui proses menanya dengan santun
·         Menjelaskan penerapan hukum Pascal dan hukum hidrostatik dalam kehidupan sehari-hari diskusi dengan kritis

Materi Ajar

Tekanan Zat Cair
a)      Tekanan Zat Cair Dalam ruang Tertutup
Hukum Pascal
“Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam wadah tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.”
            P1 = P2
           
Penenrapan hokum Pascal dalam kehidupan sehari-hari
1.      Dongkrak hidrolik
2.      Mesin Hidrolik pengangkat mobil
3.      Rem hidrolik
b)      Tekanan Zat cair dalam ruang terbuka
Hukum Hidrostatik
Keteranagn:
P = tekanan hidostatik (N/m2)
 = masa jenis zat cair (kg/m2)
 = percepatan grafitasi bumi (m/s2)
 = kedalaman atau ketinggian zat cair (m)

Metode Pembelajaran

·         Demonstrasi
·         Dikusi kelompok
·         Presentasi
·         Penugasan

Alat/Media/Bahan
·         Alat                 : Botol air mineral, air
·   Bahan ajar          : buku pegangan IPA Terpadu kelas VIII, LDS

Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
      Setelah mereviu hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa mendapat tugas rumah untuk  mencari informasi dan membaca tentang tekanan zat cair melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·   Guru mengucapkan salam
·   Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran
·   Guru menunjuk seorang siswa untuk memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai
·   Guru memberikan:
Pertanyaan apersepsi dan motivasi:
Penyelam yang menyelam sangat dalam, telinganya akan merasa sakit. Di kolam renang saat kita menyelam, telingan kita tidak apa-apa. Mengapa demikian?
·   Menyampaikan tujuan pembelajaran
·   Bertanya dan menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang tekanan zat cair melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)

5 menit
Kegiatan Inti
·   Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang
·   Guru membagika LDS kepada masing-masing kelompok.
·   Guru memberikan waktu kepada siswa untuk membaca petunjuk dalam LDS
·   Guru mengecek pemahaman siswa tentang petunjuk diskusi
·   Siswa Mencermati demonstrasi percobaan. Perwakilan kelompok menggambarkan bentuk pancaran air sesuai dengan demonstrasi
·   Masing-masing kelompok berdiskusi kemudian menyimpulkan hasilnya
·   Perwakilan dari  kelompok menyampaikan kesimpulan diskusi
13 menit
Penutup
·   Guru bersama siswa menyimpulkan bunyi hukum Pascal dan hukum Hidrostatik
·   Memberikan tugas membuat artikel tentang penenrapan hukum Pascal dan hukum Hidrostatik dalam kehidupan sehari-hari
3 menit

Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.      Contoh Instrumen (Terlampir)

Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
IPA Terpadu kelas VIII


Semarang, 24 Desember 2013
Mengetahui Kepala SMA ....                                      Guru Mata Pelajaran IPA



                                                                                                MALIASIH
..................................                                                  ............................................
NIP.                                                                            NIP. 4201411101

Catatan Kepala Sekolah

...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

1 comment: