Friday 6 June 2014

Soal dan Pembahasan Gerak dalam Dua dan Tiga Dimensi

1. Sebuah beruang berjalan ke timur laut sejauh 10 m dan kemudian ke timur 10 m. Tunjukkan jika tiap perpindahan secara grafik, dan cari vector perpindajhan resultan .
Jawab :


2.   (a) seseoran berjalan sepanjang sebuah busur lingkaran dari posisi x = 5 m, y = 0 m ke posisi akhir x = 0 m, y = 5 m. berapakah perpindahannya? (b) orang kedua dari posisi awal sama sepanjang sumbu x ke titik asal dan kemudian berjalan sepanjang sumbu y ke y = 5 m dan x = 0 m. Berapakah perpindahannya?
Jawab :
3. Sebuah lintasan melingkar mempunyai jari-jari 10 m. Sebuah sistem koordinat xy dibentuk sedemikian sehingga pusat lingkaran berada di sumbu y positif dan lingkaran melewati titik asal. Seorang perempuan berangkat dari titik asal dan berjalan mengelilingi lintasan itu dengan kelajuan konstan dan kembali ke titik asal tepat 1 menit setelah ia berangkat. (a) Cari besar dan arah perpindahannya dari titik asal pada saat 15, 20, 45 dan 60 s setelah ia berangkat. (b) Cari besar dan arah perpindahannya untuk masing-masing dari keempat selang 15 sberurutan dari perjalanannya. (c) Bagaimana perpindahannya untuk 15 s yang pertama dihubungkan dengan perpindahan untuk 15 s kedua. (d) Bagaimana perpindahannya untuk selang 15 s kedua dihubungkan dengan perpindahan untuk selang 15 s yang terakhir.
Jawab:
Diketahui : r = 10 m 





1 comment: