Saturday 7 June 2014

Soal dan Pembahasan Hukum II Newton

           1. Sebuah kotak yang beratnya 600 N didorong sepanjang lantai horizontal dengan kecepatan dan gaya 250 N sejajar oleh lantai. Berapakah koefisien gesekan kinetic antara kotak dan lantai?

Jawab:
2. Koefisien gesekan statik antara ban mobil dan jalan horisontal adalah u=0,6. Jika gaya neto pada mobil adalah gaya gesekan statik yang dikerjakan oleh jalan,
     (a) berapakah percepatan maksimum mobil?
     (b) dalam jarak paling sedikit berapakah mobil dapat berhenti jika mobil mula-mula bergerak dengan kelajuan 30 m/s?
Jawab:
3. Sebuah kursi bergeser melintasi lantai yang dipoles dengan kelajuan awal 3 m/s. setelah bergeser sejauh 2 m kursi berhenti. Berapakah koefisien gesekan kinetik antara lantai dan kursi?
Jawab  :
Berat kursi m g diimbangi oleh gaya normal lantai Fn = mg. satu-satunya gaya horizontal yang bekerja pada kursi adalah gaya gesekan kinetic, yang bekerja berlawanan dengan arah gerakan. Jika kita memisalkan kecepatan dalam arah positif, maka gaya gesekan adalah
4. Sebuah kotak 800 N diam pada permukaan bidang yang dimiringkan 30° terhadap horizontal . seorang mahasiswa fisika berpendapat bahwa ia dapat mencegah kotak untuk menggelincir jika ia mendorongnya dengan gaya paling sedikit 200 N sejajar permukaan. (a) berapakah koefisien gesekan statis antara kotak dan permukaan? (b) berapakah gaya terbesar yang dapat diberikan pada kotak sejajar bidang miring sebelum kotak meluncur menaiki bidang miring?
Jawab:
5. Sebuah balok 5 kg diatur agar diam pada dinding vertical oleh gaya horizontal 100 N.
a.      Berapakah gaya gesekan yang dikerjakan oleh dinding pada balok?
b.      Berapakah gaya horizontal minimum yang diperlukan untuk mencegah balok jatuh jika koefifien antara dinding dan balok adalah ms = 0,40?
     Jawab:
6. Pada suatu hari yang bersalju dengan temperatur dekat titik beku, koefisien gesekan statik antara ban dan jalan bersalju adalah 0,008. Berapakah  kemiringan maksimum yang dapat didaki kendaraan yang digerakkan 4 roda dengan percepatan nol?
Jawab:







1 comment:

  1. Staff MISMakasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK

    ReplyDelete