RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : VIII / Satu
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP
Kompetensi Inti
KI 1 :
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3 :
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi Dasar
4.8. Melakukan
percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung,
kapilaritas (transport cairan pada batang tumbuhan), dan tekanan cairan pada
ruang tertutup
Indikator
·
Mendeskripsikan hukum Pascal
·
Memformulasikan hukum Hidrostatis
·
Menjelaskan penerapan hukum Pascal dan hokum hidrostatik
dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan
Siswa
dapat:
·
Menyebutkan sifat tekanan dalam zat cair melalui percobaan
sederhana dengan bertanggungjawab
·
Mendeskripsikan bunyi hukum Pascal melalui diskusi dengan
teliti
·
Memformulasikan hukum Hidrostatik melalui proses menanya
dengan santun
·
Menjelaskan penerapan hukum Pascal dan hukum hidrostatik dalam
kehidupan sehari-hari diskusi dengan kritis
Materi Ajar
Tekanan Zat Cair
a)
Tekanan Zat Cair Dalam ruang Tertutup
Hukum
Pascal
“Tekanan
yang diberikan pada zat cair dalam wadah tertutup diteruskan ke segala arah
dengan sama besar.”
P1 = P2
Penenrapan
hokum Pascal dalam kehidupan sehari-hari
1.
Dongkrak hidrolik
2.
Mesin Hidrolik pengangkat mobil
3.
Rem hidrolik
b)
Tekanan Zat cair dalam ruang terbuka
Hukum Hidrostatik
Keteranagn:
P =
tekanan hidostatik (N/m2)
Metode
Pembelajaran
·
Demonstrasi
·
Dikusi kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat :
Botol air mineral, air
· Bahan
ajar : buku pegangan IPA Terpadu
kelas VIII, LDS
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
Setelah
mereviu hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa mendapat tugas rumah untuk mencari informasi dan membaca tentang tekanan
zat cair melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Guru mengucapkan salam
· Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan
siswa untuk mengikuti pelajaran
· Guru
menunjuk seorang siswa untuk memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai
· Guru memberikan:
Pertanyaan
apersepsi dan motivasi:
Penyelam yang menyelam
sangat dalam, telinganya akan merasa sakit. Di kolam renang saat kita
menyelam, telingan kita tidak apa-apa. Mengapa demikian?
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Bertanya dan menagih secara lisan tugas baca mencari
informasi tentang tekanan zat cair melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
· Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing
terdiri atas 4 orang
· Guru
membagika LDS kepada masing-masing kelompok.
· Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk membaca petunjuk dalam LDS
· Guru
mengecek pemahaman siswa tentang petunjuk diskusi
· Siswa Mencermati demonstrasi percobaan. Perwakilan
kelompok menggambarkan bentuk pancaran air sesuai dengan demonstrasi
· Masing-masing kelompok berdiskusi kemudian
menyimpulkan hasilnya
· Perwakilan dari kelompok menyampaikan kesimpulan diskusi
|
13 menit
|
Penutup
· Guru bersama siswa menyimpulkan bunyi hukum Pascal
dan hukum Hidrostatik
· Memberikan tugas membuat artikel tentang penenrapan
hukum Pascal dan hukum Hidrostatik dalam kehidupan sehari-hari
|
3 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme
dan prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui
tes tertulis.
2.
Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam
kelompok, kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen.
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.
Contoh
Instrumen (Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku
Pegangan Kurikulum 2013
IPA
Terpadu kelas VIII
Semarang, 24 Desember 2013
Mengetahui
Kepala SMA .... Guru
Mata Pelajaran IPA
MALIASIH
.................................. ............................................
NIP.
NIP.
4201411101
Catatan
Kepala Sekolah
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
ibu mungkin bisa ditambah untuk lks nya..
ReplyDelete