Wednesday 19 March 2014

RPP IPA Terpadu (Pencemaran Tanah)

Sebelum mengajar di kelas, seorang guru hendaknya menyusun Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) agar proses pembelajaran di kelas nantinya sudah tersusun dengan baik. RPP juga sangat berguna jika sewaktu-waktu guru berhalangan mengajar. RPP yang sudah dibuat dapat dijadikan acuan guru lain yang menggantikan mengajar. Dengan adanya RPP guru pengganti dengan mudah dapat memahami apa yang seharusnya dia sampaian kepada siswa dengan metode yang sudah dicantumkan dalam RPP. RPP hendaknya berisi rancangan pembelajaran secara detail baik alokasi waktu, indikator, tujuan, metode, tahapan pembelajaran, dll. 
Berikut contoh RPP IPA Terpadu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : IPA

A.    Standar Kompetensi :
3. Memahami proses yang terjadi di lapisan lithosfer
B.     Kompetensi Dasar
3.8. Menjelaskan proses pencemaran tanah di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
C.    Indikator
1.      Siswa memahami definisi pencemaran tanah.
2.       Siswa mengetahui penyebab pencemaran tanah.
3.       Siswa mampu menjelaskan pengaruh pencemaran tanah kaitanya dengan aktivitas manusia.
4.      Siswa mengetahui cara pencegahan pencemaran tanah.
5.      Siswa mampu menjelaskan cara penanggulangan pencemaran tanah.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan bimbingan guru siswa memahami definisi pencemaran tanah.
2.      Dengan studi pustaka secara mandiri siswa mengetahui penyebab pencemaran tanah.
3.      Dengan diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan pengaruh pencemaran tanah kaitanya dengan aktivitas manusia.
4.      Dengan diskusi kelompok siswa mengetahui cara pencegahan pencemaran tanah.
5.      Dengan diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan cara penanggulangan pencemaran tanah.

E.     Materi Ajar
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

A.    Sumber Pencemaran Tanah

1. Limbah domestik

2. Limbah pertanian

3. Limbah industri

Menurut bahan pencemarnya, pencemaran dibedakan menjadi berikut ini.
1.      Pencemaran fisik,
2.      Pencemaran kimia
3.      Pencemaran biologi

B.     Dampak Pada kesehatan
Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Kromium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi.

C.     Pencegahan dan Penanganan Pencemaran Tanah

a.       Langkah pencegahan
Pada umumnya pencegahan ini pada prinsipnya adalah berusaha untuk tidak menyebabkan terjadinya pencemaran, misalnya mencegah/mengurangi terjadinya bahan pencemar, antara lain:
1)      Pengolahan terhadap limbah industri yang mengandung logam berat yang akan mencemari tanah, sebelum dibuang ke sungai atau ke tempat pembuangan agar dilakukan proses pemurnian.
2)      Sampah zat radioaktif sebelum dibuang, disimpan dahulu pada sumur­sumur atau tangki dalam jangka waktu yang cukup lama sampai tidak berbahaya, baru dibuang ke tempat yang jauh dari pemukiman, misal pulau karang, yang tidak berpenghuni atau ke dasar lautan yang sangat dalam.
3)      Penggunaan pupuk, pestisida tidak digunakan secara sembarangan namun sesuai dengan aturan dan tidak sampai berlebihan.
4)      Usahakan membuang dan memakai detergen berupa senyawa organik yang dapat dimusnahkan/diuraikan oleh mikroorganisme.
b.      Langkah penanggulangan

1.      Remediasi

Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
2.      Bioremediasi
Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri).
F.     Alokasi Waktu
2 jam pelajaran

G.    Metode Pembelajaran
1.      Model:
Direct intruction
 Diskusi Kelompok
2.      Metode :
Ceramah
Studi pustaka

H.    Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kehadiran siswa menggunakan daftar kehadiran siswa.
·         Guru memusatkan perhatian dan motivasi belajar pserta didik dengan memberikan apersepsi awal kepada siswa untuk membangun  konsep dasar siswa mengenai pencemaran tanah dan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia melalui pertanyaan:
1)      Masih ingatkah kalian yang dimaksud dengan lingkungan ?
2)      Bagaimanakah dengan keadaan lingkungan di sekolah atau di sekitar tempat tinggalmu.
3)      Bagaimana dengan kesuburan tanah di sekitar tempat tinggal kalian?
·         Guru membimbing siswa dengan penuh tanggung jawab dan kesabaran untuk menguasai konsep awal yang berkaitan dengan materi  pencemaran tanah dan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
·         Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran pada hari tersebut.

b.      Kegiatan Inti
1)      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Melibatkan peserta didik dengan bertanggung jawab dalam mencari informasi tentang pencemaran tanah serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
·         Dengan model tanya jawab, guru menggali pengetahuan awal siswa tentang definisi pencemaran tanah dan penyebab pencemaran tanah.
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru secara bertanggung jawab.
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2)      Elaborasi
·         Guru menyampaikan informasi secara bertanggung jawab tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa dalam kelompok (mengamati gambar pencemaran tanah)
·         Membagi siswa dalam kelompok (3-4 siswa/kelompok) secara objektif dan random.
·         Guru mendistribusikan gambar kepada kelompok secara adil dan teliti.
·         Guru membimbing kelompok secara bertanggung jawab dalam melakukan pengamatan terhadap gambar fenomena pencemaran tanah.
·         Siswa mengidentifikasikan penyebab, dampak, pencegahan dan penanggulangan  pencemaran tanah yang terlihat pada ketiga gambar.
·         Guru mengamati secara teliti proses diskusi yang dilakukan masing-masing kelompok terhadap ketiga fenomena gambar pencemaran tanah.
·         Guru secara bertanggung jawab membimbing setiap kelompok dalam mengisi LDS yang disediakan
3)      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi:
·         Guru bersama peserta didik secara interaktif bertanya jawab mengenai hasil pengamatan dan diskusi terhadap ketiga gambar fenomena pencemaran tanah.

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
·      Melakukan penilaian secara teliti terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·      Guru memberikan tugas rumah berupa artikel untuk menanggulangi pencemaran lingkungan.
. 
E. Sumber Belajar
1. Buku Biologi untuk SMP kelas 7
2. Buku-buku referensi yang relefan
F. Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik penilain: Tes tertulis, penugasan.
2.      Bentuk instrument : tes isian, tes pilihan ganda, tugas rumah, LDS
3.      Kisi-kisi
4.      Instrumen:

a)      Soal pilihan ganda.
1)      Pencemaran tanah banyak diakibatkan oleh sampah organik dan anorganik. Salah satu penyebab pencemaran tanah tersebut adalah....
a. Anorganik yaitu daun, plastik dan besi
b. Anorganik yaitu kaca, kertas dan besi
c. Organik yaitu daun, kaca dan sisa makanan
d. Organik yaitu kaca, kertas dan besi
Kunci: b (skor: 1)

2)       Limbah rumah tangga seperti air detergen dan air tinja merupakan contoh limbah….
a.        Limbah cair domestic              c. limbah hujan
b.       Limbah cair industry              d. limbah berbahaya           
            Kunci: a (skor: 1)
3)      Limbah domestic, limbah industry, limbah pertanian, dan limbah pertambangan merupakan pengelompokkan limbah berdasarkan…
a.        Jenis senyawa               c. wujud
b.       Sumber                        d. limbah B3
Kunci: b (skor: 1)
4)      Penanggulangan yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah diantaranya, kecuali....
a. Menanggulangi sampah plastik
b. Sistem tanam monokultur
c. Mengelola sisa radioaktif
d. Pemakaian pupuk sesuai kebutuhan

Kunci: b (skor: 1)

5)      Penggunaan pupuk yang terus-menerus akan mengakibatkan...
a. Tanah menjadi lebih subur
b. Berkurangnya hara tanah
c. Menurunnya hama penyakit
d. pH tanah meningkat
Kunci: b (skor: 1)
6)      Penggunaan pupuk yang terus-menerus akan mengakibatkan...
a. Tanah menjadi lebih subur
b. Berkurangnya hara tanah
c. Menurunnya hama penyakit
d. pH tanah meningkat
Kunci: b (skor: 1)
7)      Komponen berikut dapat dijadikan indikator bagi polusi tanah, kecuali….
a.        Cacing tanah
b.       Salinitas
c.       Kandungan fosfor
d.        Bakteri koliform
Kunci: d (skor: 1)
8)      Logam berat merupakan contoh limbah yang banyak dihasilkan oleh aktivitas….
a.        Rumah tangga                                            c. industri
b.       Pertanian                                              d. perkebunan
Kunci: c (skor: 1)
9)      Berikut adalah dampak negatif akibat manusia membuang limbah padat sembarangan, kecuali....

a. Mengurangi keindahan lingkungan
b. Dapat menurunkan kualitas tanah
c. Berkembangnya berbagai jenis penyakit
d. Kesuburan tanah meningkat
Kunci: d (skor: 1)
10)  Salah satu upaya dalam pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah...

a. Penggunaan pestisida
b. Pengendalian dengan herbisida
c. Pengendalian secara biologis
d. Penyemprotan dengan insektisida


b)      Soal Uraian 
1.      Jelaskan yang di maksud dengan pencemaran tanah!

Kunci:

Pengertian
Skor
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami.
2
2.      Sebutkan 3 macam pencemaran tanah berdaarkan bahan pencemar!
Kunci:
Macam Pencemaran
Skor
1. Pencemaran kimiawi
2. Pencemaran fisik
3. Pencemaran biologis
1
1
1
Jumlah
3
3.      Sebutkan 3 langkah pencegahan pencemaran tanah
Kunci:
Macam Pencemaran
Skor
1.      Penggunaan pupuk, pestisida tidak digunakan secara sembarangan namun sesuai dengan aturan dan tidak sampai berlebihan.
2.      Usahakan membuang dan memakai detergen berupa senyawa organik yang dapat dimusnahkan/diuraikan oleh mikroorganisme.
3.      Pengolahan terhadap limbah industri yang mengandung logam berat yang akan mencemari tanah, sebelum dibuang ke sungai atau ke tempat pembuangan agar dilakukan proses pemurnian
1


1

1
Jumlah
3
4.      Apa yang dimaksud dengan remediasi dan apa saja jenisnya!
Kunci:
Akibat Pencemaran
Skor
Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
Ada dua jenis remediasi tanah, yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan bioremediasi.
2

1
1
Jumlah
4
5.      Jelaskan akibat pencemaran tanah !
Kunci:
Akibat Pencemaran Tanah
Skor
Kehidupan mikroorganisme tanah terganggu
Sifat fisik dan kimiawi tanah berubah sehingga menyebabkan penurunan kesuburan tanah
Keseimbangan ekologis dalam ekosistem terganggu
1

1
Jumlah
3
                                   

c)      Tugas Rumah
Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran tanah. Silahkan memilih topiknya.
Rubrik Tugas Rumah
No
Aspek
Skor
1
2
3
Kesusuaian isi denag judul
Kerapian tulisan dan bahasa
Isi artikel

1
1
3

Jumlah
5


 Semarang,.....Desember 2013
Mengetahui Kepala SMA ....                                                  Guru Mata Pelajaran Fisika




..................................                                                  ..................................
NIP.                                                                                        NIP.

Catatan Kepala Sekolah

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

No comments:

Post a Comment